CARA MENYALAKAN DAN MEMATIKAN PC DENGAN BENAR

 CARA MENYALAKAN DAN MEMATIKAN PC DENGAN BENAR

Cara menyalakan di bawah ini berlaku untuk semua komputer desktop (PC), laptop, notebook, dan sejenisnya. Mereknya juga terserah, baik Dell, Asus, Lenovo, MSI, HP, Acer, Samsung, atau Toshiba sama saja. Beda tipe juga begitu. Karena pada dasarnya menghidupkannya hanyalah pencet tombol power. Akan tetapi meskipun sesimpel itu, beberapa orang ada yang tidak bisa. Biar tidak salah dan justru merusak komponen, ikutilah panduan berikut.

1. Pastikan sumber daya sudah terpasang

Barang elektronik tidak akan bisa menyala kalau tidak ada daya listrik. Begitu juga dengan komputer. PC umumnya terhubung langsung dengan stop kontak, sedangkan notebook menggunakan baterai. Bila habis, laptop pun butuh listrik. Caranya tinggal di-charge. Dicolokkan sambil digunakan juga tidak masalah.
Pastikanlah sudah terhubung dengan pen-suplay daya sebelum Anda mencoba menghidupkan komputer dan laptop. Jangan sampai lupa. Karena kalau tidak, ditekan sekeras dan beberapa kali pun tidak akan menyala. Jika tidak menyadarinya, bisa jadi Anda mengira rusak.
Hati-hati dengan keadaan seperti itu. Pasalnya, bukan tidak mungkin membuat kesal. Kalau sudah seperti itu, sementara banyak pekerjaan menanti, bukan tidak mungkin Anda marah dan kemudian menepuk-nepuk laptop atau komputer dengan keras sambil berharap bisa menyala. Atau yang lebih parah, dengan polos Anda membawa ke tukang service.

2. Pencet tombol power cukup sekali saja

Ini yang sudah saya sedikit jelaskan di atas. Bahwa cara menghidupkan komputer atau laptop yang baik dan benar cukup menekan tombol power satu kali saja. Tidak berkali-kali dan terlalu kuat memencet. Yang Anda butuhkan hanya sabar menunggunya sampai benar-benar menyala.
Tidak semua notebook dan PC akan langsung merespon saat dihidupkan. Beberapa ada yang membutuhkan waktu beberapa detik bahkan hampir menit. Dan durasi respon setiap komputer beda-beda. Ada yang lama, ada pula yang cepat. Mengapa begitu? Sepertinya poin berikut bisa menjelaskan alasannya.

3. Bersabar menunggu loading sistem

Setelah memencet tombol power satu kali untuk menghidupkan komputer atau laptop, yang Anda butuhkan selanjutnya cukup bersabar saja. Saat itu sebaiknya jangan melakukan apapun padanya. Baik klik-klik, menggeser pointer dengan mouse, ataupun refresh. Asal tau saja, semua cara itu tidak mempunyai efek mempercepat loading.
Satu-satunya cara agar bisa mempercepat hanyalah ganti spesifikasi yang lebih tinggi, gunakan sistem operasi Windows terbaru, update pembaharuan, kurangi atau hapus aplikasi tidak terpakai, dan pastikan tidak ada virus pada komputer tersebut.

4. Tunggu sampai sistem operasi siap digunakan

Setelah ditunggu sekian detik pasti layar akan menyala juga. Biasanya yang muncul pertama adalah icon pointer atau kursor dan disertai lingkaran kecil berputar-putar. Atau bisa juga langsung menampilkan wallpaper. Pada tahap ini pun bukan berarti Anda sudah boleh mengoperasikan komputer tersebut.
Cara mematikan laptop yg baik dan benar
Di setiap Operasi System, tombol fungsi untuk mematikan Komputer/Laptop berbeda. Berikut cara mematikan Laptop berdasarkan Operasi System yang umum dipakai:


1. Klik Start
2. Klik "
Shut Down"
3. Tunggu sampai benar-benar mati/turn off.


Untuk Komputer, bila Komputer telah sepenuhnya mati/Turn Off, cabutlah Steker dari Stop Kontak

Comments

Popular posts from this blog